Jumat, 03 Februari 2012

Habis SIMPEG Desktop, Terbitlah SIMPEG Online


Jakarta l badilag.net
Selaku lembaga yang melakukan pembinaan terhadap peradilan agama, Ditjen Badiag terus berupaya memperbaiki manajemen kepegawaian. Salah satu terobosan penting yang dilakukan baru-baru ini ialah menerapkan Sistem Informasi Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) Online untuk menggantikan Sistem Manajemen Kepegawaian (SIMPEG) desktop.
“Sistem ini sangat bagus. Perlu segera disosialisasikan ke satker-satker,” kata Dirjen Badilag Wahyu Widiana, dalam pertemuan dengan para pejabat eselon II, III dan IV, kemarin.
Berbeda dengan SIMPEG yang berbasis desktop, SIMPEG berbasis web. Aplikasi SIMPEG online dapat diinstall di sembarang komputer dengan operating system apapun. Asalkan terdapat jaringan internet, SIMPEG online dapat dipakai di mana saja.
Keunggulan SIMPEG online dibanding SIMPEG desktop terletak pada data yang dihasilkan. Di samping memuat data SDM di peradilan agama, SIMPEG online juga dapat dipakai untuk keperluan Nota Usulan dan Tim Promosi-Mutasi.
Keunggulan lainnya, SIMPEG online dapat meminimalkan, bahkan menghilangkan kemungkinan tidak sinkronnya data yang dimiliki tiap satker dengan data yang dimiliki Badilag.
“Dulu kita susah melakukan sinkronisasi data. Dengan memakai SIMPEG online, hal itu bisa diatasi,” kata Subeno Tri Laksono, Kepala Seksi Data dan Informasi Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Badilag.
Di samping itu, SIMPEG online juga dapat menghasilkan informasi kepegawaian yang lebih cepat, akurat dan lengkap. Karena itu, sistem pelaporan pun berjalan lebih mudah.
“SIMPEG online memudahkan kita melakukan validasi data. Bahkan setiapuser dapat membuka datanya masing-masing,” ujar Subeno.
Akses terhadap SIMPEG online bisa dilakukan secara berjenjang. Jenjang terendah adalah user normal. Yang termasuk dalam user normal ialah seluruh pegawai di lingkungan peradilan agama, baik tenaga teknis maupun non-teknis. Setiap user normal dapat melihat data kepegawaiannya sendiri setelah melakukan log in. Nomor Induk Pegawai (NIP) tiap pegawai berlaku sebagai username. Adapun password-nya akan dibuat sama tiap satker namun dapat diubah sendiri oleh tiap user.
Di atas user normal terdapat administrator instansi. Yang termasuk dalam kategori ini ialah para pejabat pengelola kepegawaian di tiap satker. Mereka dapat memasukkan atau mengoreksi data pegawai di satkernya masing-masing setelah data-data itu diverifikasi.
Di atas administrator instansi terdapat power administrator. Yang termasuk dalam kategori ini adalah beberapa pejabat teras Badilag. Mereka boleh melihat data seluruh pegawai yang terdapat di SIMPEG online.
Di jenjang tertinggi adalah login administrator. Hak yang diberikan kepadalogin administrator jauh lebih besar ketimbang hak power administrator.Yang berada di posisi ini ialah Kepala Sub Direktorat Data dan Evaluasi serta Kepala Seksi Data dan Informasi.
Sudah diuji coba
Saat ini SIMPEG online masih dalam tahap pengembangan. Meski demikian, SIMPEG online sudah diuji cobakan dan hasilnya sesuai harapan.
“Kemarin sudah diuji cobakan di Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis Badilag dan di PTA Semarang. Hasilnya bagus,” kata Direktorat Pembinaan Tenaga Teknis, Purwosusilo.
Dalam waktu dekat, SIMPEG online akan bisa online dengan memakaidomain tertentu. Saat ini alamat SIMPEG online di internet masih berupaIP Address  http://202.162.207.22/simkep/Login.wgx atau klik disini
Subeno mengatakan, sejauh ini data yang sudah diinput di SIMPEG online berjumlah 3.127. Seluruh data itu sudah diverifikasi.
Ke depan, SIMPEG online akan dikembangkan lagi. Misalnya, demi mendukung kegiatan TPM, SIMPEG online dapat dimanfaatkan untuk pengajuan usulan mutasi hingga pencetakan draft SK mutasi.


tampilan simkep online
info lebih lengkap silahkan klik

0 comments:

Poskan Komentar

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Pengikut

selamat datang di nagabiru1986.blogspot.com

JAWA BARAT